Tips Anti Ribet Saat Kelebihan Bagasi Pesawat

Satu hal yang lumayan membuat pusing kepala saat lakukan traveling dengan pesawat adalah mengurus bagasi. Seperti yang sudah kita tahu, setiap maskapai sudah memiliki aturan tertentu soal beban bagasi pesawat. Jika barang bawaan kamu melebihi kapasitas, maka kamu harus menanggung risiko berupa biaya ekstra. Lalu, apa yang bisa dilakukan jika barang bawaan sudah telanjur berat dan melebihi kapasitas?

1. Manfaatkan aplikasi

Cara paling benar jika kamu kelebihan bagasi adalah memanfaatkan teknologi yang menawarkan kemudahan dalam mengatur fasilitas bagasi pesawat. Cara ini biasanya ditawarkan dalam paket kilogram tertentu sehingga kamu bisa jauh lebih berhemat dibanding membeli bagasi per kilogram. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah mengisi data berupa detail penerbangan dan memilih paket kilogram bagasi yang akan kamu pilih. Proses pembayaran juga lebih mudah, bukti bayar pun langsung diterima lewat e-mail sehingga kamu tidak perlu panik lagi.

2. Titip teman

Jika kamu melakukan perjalanan dengan teman atau rombongan, kamu bisa meminta tolong untuk ‘berbagi’ barang bawaan. Pilih dan sisihkan beberapa item yang kira-kira paling berat dan memakan beban dalam bawaanmu. Nah, sisa barang bawaan yang lebih ringan bisa kamu titipkan ke dalam koper milik teman. Satu yang harus diingat, pastikan barang bawaan teman yang kamu minta tolong tidak ikut lebih berat dan melebihi bagasi, ya.

3. Check-in lebih awal

Khusus untuk poin ini, faktor keberuntungan lebih memegang peranan. Akan tetapi, tips satu ini tidak ada salahnya untuk kamu coba. Jika kamu menyadari berat barang bawaanmu sedikit melebihi bagasi, datanglah ke bandara dan lakukan proses check-in lebih awal. Biasanya, barang bawaan yang sedikit lebih berat dari ketentuan bagasi akan ditolerir oleh petugas karena masih kosongnya kuota. Hal ini akan jauh berbeda jika kamu lakukan check-in di waktu yang mepet atau bahkan terlambat dari jadwal yang diberikan.

4. Manfaatkan jasa pengiriman

Barang bawaan yang melebihi ketentuan kapasitas bagasi biasanya sering terjadi saat kamu selesai bepergian. Tumpukan oleh-oleh atau barang jastip merupakan penyebab utamanya. Daripada kamu kembali mengeluarkan dana ekstra untuk membayar bagasi, lebih baik kamu mengemas dalam bentuk paket dan mengirimkannya lewat jasa pengiriman ke alamat rumahmu. Jika dihitung, biaya yang kamu keluarkan untuk jasa pengiriman akan jauh lebih sedikit dibanding biaya bagasi. Satu yang harus diingat, pilih lebih dulu barang yang akan kamu kemas dan kirim, ya. Jika termasuk barang berharga seperti tas bermerek, jam tangan, atau barang elektronik, lebih baik kamu bawa sendiri untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

5. Kurangi bawaan

Harus diakui, kelebihan bagasi bisa terjadi karena kamu salah perhitungan saat packing, entah itu ketika berangkat atau pulang dari tempat tujuan. Jika keempat poin di atas tidak bisa kamu lakukan karena situasi tidak memungkinkan, hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi barang bawaan.

Keluarkan beberapa bawaan yang masuk kategori memberatkan bagasi namun bisa dipakai seperti sweater, jaket, jeans, dan sepatu. Daripada masuk ke dalam koper, barang-barang tersebut bisa langsung kamu pakai. Sebelum memakai jaket, pakailah dua atau tiga lapis kaus sekaligus. Pilih yang berpotongan longgar agar sirkulasi darah di tubuhmu tidak terganggu. Tidak usah khawatir gerah atau berkeringat karena toh udara di dalam pesawat cenderung lebih dingin karena AC. Jika kamu membawa buku, pindahkan beberapa buah ke tas jinjing. Jika yang memberatkan bawaan adalah makanan, kamu harus rela untuk memakannya sebelum pulang.Kelebihan bagasi dari jumlah beban yang telah diperhitungkan memang tidak menyenangkan. Jadi, ada baiknya kamu memeriksa dan cek lagi semua barang bawaan sebelum packing agar tidak keluar biaya ekstra, ya. Happy traveling!